Anime Misteri-School life unik, Hyouka

''I’m not lazy, I’m just conserving energy.''
Oreki Houtarou (Hyouka)

Halo semua! :D
Ini bahasan pertama mimin. Salah satu anime favorit mimin dan lumayan ngehits di musimnya.



photo source: animepaper


Synopsis:
Hyouka, anime dengan latar  dan tema mistery dan school life ini bercerita tentang Oreki Houtarou, sang penghemat energi memulai kehidupan SMA nya dengan mengikuti klub sastra bersama temannya Chitanda Eru, Fukube Satoshi, dan Ibara Mayaka. Oreki Tomoe, sang kakak yang memaksa menyarankan adiknya untuk melanjutkan klub sastra yang hampir dibubarkan karena tak ada anggota.

Sebelum dijadikan animasi, Hyōka adalah sebuah novel misteri Jepang yang ditulis oleh Honobu Yonezawa. Hyōka merupakan judul volume pertama dari seri Classic Literature Club. Empat volume lanjutan telah dipublikasikan antara tahun 2002 and 2010. Sebuah adaptasi manga yang dibuat oleh Taskohna memulai serialisasi di majalah  Shōnen Ace edisi maret 2012. Sebuah adaptasi anime dengan 22 episode diproduksi oleh Kyoto Animation dan didireksi oleh Yasuhiro Takemoto yang tayang sejak 22 April hingga 16 September 2012.
                

                     Novel hyouka                                                                    komik hyouka
       Source: wikipedia                                                                source: google


Character:
Oreki Houtarou
Suara oleh: Yūichi Nakamura

Tokoh protagonis di Hyouka, merupakan seorang yang suka menghemat energi. Ia bergabung dengan Klub Literatur Klasik atas permintaan kakaknya, Oreki Tomoe , agar klub tersebut terhindar dari penutupan. Ia menyatakan bahwa dirinya tidak suka menghabiskan energi, tetapi jika diberikan sebuah misteri, ia akan menyelesaikannya dengan logika dan penjelasan khas dirinya ; mata sayu dengan mimik muka yang serius atau kadang dengan setengah hati. Prinsip hidupnya ''jika  tidak perlu melakukan sesuatu maka tidak dilakukan, jika harus melakukannya maka harus lakukan dengan cepat.''
Bagi dirinya, Chitanda adalah "seseorang yang tidak bisa ia abaikan," memperlihatkan bahwa dirinya mungkin memiliki perasaan terhadap Eru.


Chitanda Eru
Suara oleh: Satomi Satō

Seorang gadis yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, juga merupakan anggota Klub Literatur Klasik. Meskipun memiliki nilai yang bagus, ia sering bergantung pada kemampuan penalaran Oreki. Ia merupakan gadis yang penuh semangat yang berpengalaman dalam tradisi dan etiket di kota tempat ia tinggal karena memiliki garis keturunan keluarga petani yang kaya raya. Jika ia dihadapkan dengan sebuah misteri, ia tidak akan dapat berhenti memikirkannya hingga misteri tersebut terselesaikan. Ia memiliki kekaguman terhadap Oreki, sering memujinya karena bakatnya dalam menyelesaikan misteri-misteri. Ia terlihat memiliki perasaan terhadap Oreki.


Fukube Satoshi
Suara oleh: Daisuke Sakaguchi

Teman sekelas Houtarou yang juga bergabung dengan Klub Literatur Klasik. Ia bangga dengan kemampuan mengingatnya yang impresif, menyebut dirinya sebagai "database". Meskipun ia selalu mendorong Oreki untuk lebih terlibat dalam kehidupan SMA, terungkap bahwa dirinya iri terhadap kemampuan penalaran yang Oreki miliki. Ia memanggil Mayaka Ibara dengan nama depannya, yang memperlihatkan kedekatan mereka. Satoshi mengungkapkan bahwa dirinya memiliki perasaan terhadap Mayaka, tetapi tidak ingin menjadi "terobsesi" kepadanya. Ia mulai berpacaran dengan Mayaka pada musim semi di tahun kedua mereka.


Ibara Mayaka
Suara oleh: Ai Kayano

Merupakan anggota keempat dari Klub Literatur Klasik. Ia dan Satoshi serta Oreki bersekolah di SMP yang sama. Ia memiliki hubungan yang tidak terlalu baik dengan Houtarou walaupun hubungan mereka semakin baik setelah berteman dengan Eru. Mayaka memiliki kegemaran dalam menggambar manga dan ia juga merupakan anggota klub manga di sekolahnya. Mayaka telah sejak lama memiliki perasaan kepada Satoshi. Ia memanggil Satoshi dengan Fuku-chan.


First Impression:
Waktu pertama kali nonton direkomendasikan sama temen mimin, awalnya mimin menganggap anime ini biasa aja. Pas liat langsung dirumah, feel nontonnya udah nge BOOM banget *lebay*.
Hyouka punya karakter cerita yang menarik, ditambah lagi karakter utamanya + sifat uniknya yang sangat mendukung. Ditambah lagi studio animasinya, Kyoto Animation yang sudah menyajikan ceritanya dengan sangat-sangat menarik untuk genre mistery school life.


Penjelasan-penjelasan kasus  yg ada di beberapa cerita disajikan dengan simpel dan mudah dimengerti. Mungkin sedikit berlebihan, tapi Hyouka punya standar yg tinggi banget dalam penilaian mimin. Jadi jika ada tema yang serupa, rasanya blum bisa menyamai "gregetnya" Hyouka.


Anime ini mendapat jatah 2 cour (22 eps). Dan menurut mimin itu masih sangat kurang :’3
anime ini mendapat jatah 1 OVA ditahun 2012. Meski cukup populer tapi sayangnya hingga saat ini  tidak ada kabar untuk season 2 untuk anime ini .




Tapi ditahun 2016 ini tersiar kabar gembira untuk fans hyouka. Dilansir dari web otaku terkenal, Hyouka akan segera diangkat menjadi sebuah live-action. Situs resmi kota Annaki yang terletak di prefektur Gunma mengumumkan audisi terbuka untuk film live-action tersebut. Film live-action Hyouka tersebut akan diadaptasi dari novel misteri buatan Honobu Yonezawa.


Audisi ini dilakukan untuk mencari karakter tambahan yang akan memerankan siswa-siswi murid sekolah tingkat atas dan para guru. Mereka juga memberitahu penampilan seperti pakaian, rambut, dan aksesoris lainnya yang harus dikenakan agar dapat ikut serta. Pengambilan film akan dilakukan pada tanggal 6 April 2016, dan dilanjutkan kembali pada tanggal 14 sampai 16 April 2016. Mari Asato akan mendireksi dan menulis naskah film tersebut.


Bagaimana konsep live-actionnya, apakah mau mengikuti alur novel aslinya,atau anime, atau alur konsep baru, masih blum ada kabar mengenai hal tersebut. Yah mimin berharap live actionnya sesuai dengan konsep awal novel atau animenya. Tidak seperti LA shingeki no kyojin yg mengambil alur baru yang menyebabkan kekecewaan fans (termasuk mimin). Yah apaun hasilnya nanti, kita tunggu saja!







Nih bonus pict dari mimin. Jgn kbanyakan tidur pas puasa ye XD




*foto dan artikel diambil dari berbagai sumber
wikipedia
google
jurnal otaku
animepaper
dengan beberapa tambahan dari penulis

1 Response to "Anime Misteri-School life unik, Hyouka"

  1. anime dengan latar dan tema mistery dan school life ini bercerita tentang Oreki Houtarou, sang penghemat energi memulai kehidupan SMA nya dengan mengikuti klub sastra bersama temannya Chitanda Eru, Fukube Satoshi.

    http://www.cf88id.live/

    BalasHapus