Tips Memilih Sayuran Yang Baik Dan Bagus! Apa Aja Sih?

Halo Sobat Blogger!

Mimin mau tanya nih, sobat semua suka sayur?




Mungkin sebagian besar suka ya. Termasuk mimin juga :D

Sayuran diindonesia ragamnya cukup banyak. Mulai dari sayuran daun, umbi-umbian, kacang-kacangan, hingga sayur buah-buahan yang tentunya kaya nutrisi dan gizi buat tubuh kita.
Tapi Sobat, gak smua orang tau gimana cara memilih sayur yang kualitasnya bagus, khususnya sayuran daun.



Nah kali ini mimin pengen kasih tips cara memilih sayuran daun yang kualitasnya bagus dan zat gizinya masih terjaga dengan baik. Apa aja sih?

·         Daun berwarna segar (tidak tampak layu), untuk daun hijau berwarna hijau segar belum menguning karena layu, untuk sayuran berwarna putih berwarna putih segar, tidak menguning atau kecoklatan.


·         Tulang daun masih tampak jelas.

·         Batang daun mudah dipatahkan ( tidak ulet )

·         Daun sehat dan utuh, tidak ada bercak.
Daun berlubang memang terlihat kurang menarik, tapi baik bila berlubang akibat dimakan ulat (tidak seluruhnya rusak), sebab dengan adanya ulat itu, menandakan bahwa sayuran tersebut tidak menggunakan pestisida/insectisida. Meski demikian, pendapat ini belum tentu benar, karena penggunaan berbagai jenis racun pada tempo yang lama menyebabkan hama menjadi  kebal.


Lalu sebaiknya sobat hindari bila sayur sudah berwarna kusam dan daunnya layu serta warnanya telah menguning. Apalagi jika disertai dengan bentuk fisiknya yang lunak ketika dipegang, layu, berkeriput, dan terlalu berair. Juga hindari memilih sayuran dengan penampakan kulit terlalu mengkilat karena kemungkinan mengandung parafin/lilin.


Sayang dong kalo kita udah makan sayur tapi gak dapet gizi apa-apa. Ayo mulai sekarang lebih hati-hati dan selektif dalam memilih sayur ya sobat!
Semoga bermanfaat :)




sumber: 
http://www.menuinternasional.com/2013/02/cara-memilih-sayuran-yang-bagus-untuk.html
http://belajar-masak.com/tips-memilih-sayuran-hijau-yang-baik-dan-segar/
gambar:
pedulisehat.info
http://balitsa.litbang.pertanian.go.id/ind/images/Sayur-sayuran-1050x1680.jpg
https://i.imgur.com/fSBKn4g.jpg


0 Response to "Tips Memilih Sayuran Yang Baik Dan Bagus! Apa Aja Sih?"

Posting Komentar