7 Fakta Unik Haid Yang Sobat Harus Tau!

Halo sobat blogger!
Ketemu lagi sama mimin~

Mungkin istilah Haid udah gak asing lagi bagi semua orang, khususnya sobat yang perempuan. Proses keluarnya darah kotor setiap bulan dalam tubuh perempuan ini berlangsung sekitar 7-10 hari. Nah selama periode haid ini mungkin istilah pms sangat melekat sekali ya.


Bagi yang nggak tau PMS itu apa, PMS adalah singkatan dari Premenstrual Syndrome, sebuah sindrome yang timbul ketika wanita mendekati masa datang bulannya. Gejala-gejalanya biasanya berhubungan dengan masalah fisik dan emosional. Menurut penelitian, ada sekitar 200 gejala yang dikaitkan dengan pms, tapi biasanya gejala yang paling umum adalah badan jadi sensitif, mood yang buruk, dan jadi mudah stress.

Tapi ternyata banyak sekali lho fakta tentang haid yang sobat harus tau!
Apa aja sih? Cekidot dah!


1. Menstruasi Tingkatkan Gairah Seks

Banyak wanita yang merasakan gairah seksnya meningkat dan mudah terangsang stimulasi seks ketika menstruasi lho sobat. Saat haid, hormon progesteron dalam tubuh wanita berada dalam level terendah. Menurut para ahli, progesteron merupakan hormon yang bisa menurunkan hasrat bercinta. Jadi tak perlu heran jika saat periode haid, sobat lebih mudah terangsang hasrat seksualnya hanya karena stimulasi-stimulasi kecil. Sayangnya, bercinta ketika mens tidak disarankan karena alasan kehigienisan.


2. Stres Memengaruhi Periode Menstruasi



Stres tidak hanya membuat sobat sulit tidur tapi juga bisa membuat periode mens tidak teratur. Ahli kandungan F. Ralph Dauterive, M.D., menjelaskan bahwa ketika menghadapi situasi yang sulit, otak akan merespon dengan melepaskan hormon stres yang bisa mengganggu siklus bulanan sehingga haid tidak datang teratur setiap bulannya.

"Bisa jadi mens datang lebih cepat atau baru dapat setelah berbulan-bulan," ujar Ralph seperti dikutip dari Women's Health.


3. Film Tentang Menstruasi

Huffington Post melansir, film tentang menstruasi pernah dibuat dan diproduksi oleh Walt Disney. Pada 1946, Disney merilis film bertajuk 'The Story Of Menstruation' yang bertujuan sebagai pembelajaran untuk kelas edukasi seks di sekolah. Kabarnya, film tersebut yang pertamakali menggunakan kata 'vagina' untuk menjelaskan alat kelamin wanita.


4. Hanya Satu Cangkir

Rata-rata, darah yang dikeluarkan selama periode menstruasi (5-7 hari) tak lebih dari satu cangkir. Beberapa wanita mengeluh kalau darah mens nya keluar sangat banyak di hari-hari pertama, tapi sebenarnya paling banyak hanya seukuran satu cangkir dan beberapa sendok teh saja.


5. Menstruasi Dianggap Tabu


Di era modern ini wanita yang mengalami haid dianggap sebagai hal yang sangat normal. Namun di beberapa belahan dunia, menstruasi masih dianggap sesuatu yang tabu. Remaja wanita di sejumlah negara bagian di Amerika harus menahan malunya diolok-olok teman sekelasnya ketika datang haid. Sementara di pedesaan di India, remaja perempuan tidak boleh memasak karena takut makanannya akan 'terkontaminasi' darah kotor mereka.

Para wanita yang sedang menstruasi juga dilarang memegang berhala karena takut akan tercemar kesuciannya. Beberapa daerah juga melarang mereka memegang acar karena dikhawatirkan akan jadi busuk.


6. Membuat Wanita Jadi Gila Belanja


Sebuah penelitian mengungkap, wanita jadi lebih suka berbelanja 10 hari sebelum datangnya haid. Profesor Pine dari University of Hertfordshire telah menyurvei 500 wanita untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belanja dengan siklus mens mereka. Hampir 66 persen responden yang mendekati periode menstruasi mengaku, mereka membelanjakan sesuatu tanpa berpikir panjang. Salah satu penyebabnya karena saat mengalami PMS, wanita akan mengatasinya dengan berbelanja barang kesukaan.



7. Membuat Wanita Lebih Lincah Dibanding Biasanya

Hormon progesteron yang diyakini menurunkan libido sobat berada pada titik terendah selama menstruasi, namun sobat menjadi lebih lincah.


Nah udah tau kan?
Semoga artikelnya bermanfaat ya sobat!

Oh ya, untuk sobat yang laki-laki, karna perempuan lebih sensitif saat haid jadi jaga selalu perasaannya ya! ;)






sumber:
http://wolipop.detik.com/read/2015/08/06/161332/2985262/1135/6-fakta-menarik-tentang-menstruasi-yang-belum-tentu-wanita-tahu
http://health.liputan6.com/read/2044716/7-fakta-tentang-haid-yang-mengagetkan
http://dunarpan.blogspot.co.id/2013/03/apa-itu-pms-bagi-wanita.html
gambar:
http://cdn-2.tstatic.net/medan/foto/bank/images/ilustrasi-belanja.jpg
http://pendidikanfisika.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/kalender-akademik-unimed.jpg
http://assets.kompas.com/data/photo/2015/07/11/1123354shutterstock-126374105780x390.jpg
http://cdn-2.tstatic.net/makassar/foto/bank/images/menstruasi_20150726_112441.jpg

0 Response to "7 Fakta Unik Haid Yang Sobat Harus Tau! "

Posting Komentar