Selain Enak, Beras Punya Banyak Gizi Dan Kaya Manfaat. Apa Aja Sih?

halo sobat blogger!

kali ini mimin pengen bahas bahan pokok yang ada di indonesia sehari-hari, yaituuuuu.....

Beras! :D


Siapa sih yang gak kenal beras?

Beras salah satu produk makanan pokok paling penting di dunia. Pernyataan ini terutama berlaku di Benua Asia, tempat beras menjadi makanan pokok untuk mayoritas penduduk (terutama di kalangan menengah ke bawah masyarakat). Benua Asia juga merupakan tempat tinggal dari para petani yang memproduksi sekitar 90% dari total produksi beras dunia.

Budidaya beras cocok untuk wilayah-wilayah dengan iklim hangat, biaya tenaga kerja murah dan curah hujan yang tinggi karena budidaya makanan pokok ini membutuhkan banyak tenaga kerja dan suplai air. Wilayah-wilayah yang memenuhi kriteria tersebut kebanyakan berada di Asia. Karakteristik para petani Asia adalah mayoritas berasal dari daerah-daerah miskin dan hidup dalam kondisi kurang berkembang.

Olahannya pun bermacam-macam. Mulai dari nasi sampai tepung.
Olahan yang paling mimin suka dan semua orang suka, ya nasi :3


Saat sudah menjadi nasi, olahannya jadi lebih luas lagi. mulai dari nasi goreng, nasi sushi, nasi minyak, nasi kuning, dan nasi padang (eh?)
Mimin pribadi lebih suka makan nasi putih polos, apalagi yang baru mateng. Uuuhh wangi dan rasanya enak banget. Udah enak meski gak pake lauk apa-apa. >w<
Selain enak, nasi putih juga banyak banget manfaatnya buat tubuh lho. Apa aja sih?

1. Sumber Energi

Nasi adalah jenis makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia, tidak heran banyak penduduk dunia makanan pokoknya adalah nasi. Kandungan karbohidrat dan kalori pada nasi adalah sumber tenaga yang tidak tergantikan. Ia merupakan sumber energi yang cukup besar untuk tubuh.

2. Mendukung pertumbuhan manusia dari bayi sampai tua

Sebagai makanan pokok, nasi merupakan sumber utama untuk mendukung pertumbuhan manusia. Mulai dari bayi hingga orang tua didukung pertumbuhannya oleh nasi. Kandungan zat dan mineral yang ada di nasi, membuatnya adalah sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia dan menjadi makanan pokok hingga tua nanti.

3. Meningkatkan mood baik

Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.

4. Mencegah kanker

brown rice banyak mengandung serat insoluble yang akan mengurangi resiko sel-sel kanker terjadi pada tubuh. Banyak penelitian yang sudah mempercayai itu

5. Nasi non kolesterol

nasi tidak mengandung lemak berbahaya sama sekali ataupun sodium. maka dari itu, nasi pasti juga baik untuk dimasukkan dalam menu diet seimbang.

6. Kaya akan vitamin

Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.

7. Mengobati disentri

manfaat nasi pada kulit arinya, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Bahkan orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

8. Baik Untuk Tulang

Nasi merupakan “Vitamin” untuk tulang yang dapat membuat pertumbuhan tulang terbentuk secara sempurna. Kandungan kalsium pada nasi sangat penting untuk membentuk tulang agar menjadi kuat dan mencegah osteoporosis di masa tua.

9. Baik untuk gigi

Pertumbuhan gigi juga di topang oleh nasi, sama sepertinya tulang, kandungan kalsium pada nasi sangat berperan untuk membentuk gigi yang kuat.

Fungsi Berdasarkan Kandungan Karbohidratnya

-Mengendalikan Berat Badan
-Mencegah berbagai penyakit
-Baik untuk kesehatan jantung
-baik untuk fungsi pencernaan
-Mencegah kerusakan jaringan otot
-Mengatur kadar gula dalam darah
-Mengatasi kecemasan



Meski banyak sekali manfaatnya, tapi kandungan gizi nasi sangat tinggi kalorinya, sehingga jika sobat mengalami gejala diabetes sebaiknya waspada dalam mengkonsumsi nasi. Sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Jadi makan nasi secukupnya aja, jangan terlalu over (inget, harus tahan diri meski saat lapar berat habis pulang kerja atau pulang sekolah. jangan kebablasan lho hihi ^w^ ). 


Bisa dijadikan apa saja, banyak gizi dan manfaatnya, dan tersebar dimana-mana disetiap kota, wilayah sampe daerah terpencil. Kurang apa coba Indonesia?


sumber:
http://manfaat.co.id/manfaat-nasi
http://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/beras/item183
gambar: wartakesehatan.com
              www.dreamers.id
              http://lagizi.com/wp-content/uploads/2016/05/nasi-putih-4.jpg




0 Response to "Selain Enak, Beras Punya Banyak Gizi Dan Kaya Manfaat. Apa Aja Sih?"

Posting Komentar