Roti Maryam? Apaan Tuh??

Halo sobat blogger pecinta kuliner!

Mimin kali ini bawa resep roti yang mungkin sebagian sobat dirumah yang sudah pernah cicip atau bahkan yang baru denger . emang roti apaan sih min??

namanya Roti Maryam!


Ett...apaan tuh?

Mungkin sebagian dari sobat ada yang sudah pernah cicip atau bahkan ada yang baru dengar nama roti maryam.

Roti Maryam, Roti Canai, dan Roti Prata sekilas memang mirip. Konon juga seketurunan dengan roti Paratha dari India Utara atau bahkan Kerala Porotta dari India Selatan lho sobat. Bahan dasarnya kurang lebih sama, yakni tepung terigu, air, telur dan mentega/lemak/gee. Bentuk ketiganya kalau dilihat juga sama, yakni rata atau ceper dan rasanya gurih karena ada lemaknya.
Di India sendiri roti jenis ini menjadi makanan rakyat sehari-hari, dan seolah lekat dengan tradisi mereka. Dan biasanya menjadi sarapan atau juga sebagai camilan larut malam. Paratha masih sekeluarga dengan nan dan dosa/ thosai.

Paratha ini menyebar ke seluruh penjuru dunia, mulai Myanmar yang disebut palata, di Mauritius disebut farata, dan di Trinidad-Tobago disebut buss up shut. Untuk kawasan Malaysia (dan mungkin Sumatera), varian paratha ini disebut roti canai (konon kata canai berasal dari kata chennai), sedangkan untuk versi Singapura disebut roti pratha. Di Indonesia versi lainnya disebut roti maryam, entah kenapa bisa dipanggil Maryam, apa yang membawa roti ini dulunya bernama Maryam?

Malaysia
Roti canai merupakan makanan populer disana. Aslinya roti ini dimakan dengan dhal . Terkadang ditaburi gula atau susu kental manis. Namun seiring dengan kondisi budaya dan selera, maka bermunculan jenis canai lainnya. Seperti roti telur, roti tisu, roti bawang, roti boom, roti planta, roti sardin, roti kaya, roti cheese dan lain sebagainya. Pendampingnyapun bisa berupa kari ayam, kari daging, kari kambing atau campur. Roti canai banyak dijual diwarung-warung kakilima maupun rumah makan mamak (India muslim). Pendek kata roti canai menjadi makanan universal, khususnya keturunan India maupun Melayu.

Singapura
Roti Prata sejatinya sama dengan yang di Malaysia, hanya saja faktor kekosmopolitan negara kota ini mengakibatkan ragamnya juga sedikit berbeda. Roti prata dengan citarasa bawang, pisang, coklat, durian dan keju. Variasi-variasi ini lebih dikenal dengan nama bahannya seperti onion prata atau cheese prata. Selain itu ada juga versi yang lebih manis dan renyah seperti bentuk kertas atau tisu, dibentuk seperti contong (cone) dan ditaburi gula.

Indonesia
Sedang dibanyak wilayah Indonesia, jenis paratha ini lebih dikenal dengan nama roti maryam atau roti cane. Asal-usulnya kurang lebih sama, tapi lebih didominasi orang-orang keturunan Arab. Awalnya roti maryam hanya dijumpai dikampung-kampung Arab atau dirumah-rumah makan khas Timur Tengah. Menurut tradisi, roti maryam disajikan dengan ditaburi gula atau madu bila ingin rasa manis, dan gulai kacang hijau atau gulai kambing.

Masih gak mudeng juga? Hehe ya udah, bikin rotinya aja langsung yuk!

Bahan:
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 50 ml margarine
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 150 ml air hangat
  • vanili secukupnya
  • 10 gr susu bubuk


Langkah:

  • Campurkan telur , air hangat , dan margarin yg sudah dilelehkan
  • Masukan susu bubuk, gula,garam, dan vanili. Aduk hingga rata
  • Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis
  • Bagi adonan menjadi buletan  sesuai selera kemudian rendam di minyak makan ,tutup dengan serbet dan diamkan selama 1½ jam
  • Pipihkan adonan hingga tipis kemudin oles permukaannya dengan margarin tipis2 kemudian gulung hingga memanjang. Gulung masing-masing kedua sisi berlawanan arah kemudian tumpuk lalu pipihkan lagi . Lakukan seperti itu hingga adonan habis.


  • Panggang diteflon dengan sedikit margarin hingga warna kecoklatan


 dan....jeng jeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng!!
Sip, udah dicobain? Kalo udah langsung share hasilnya di kolom komentar ya! :D

Selamat mencoba :D


 Sumber:
https://cookpad.com/id/resep/326552-roti-maryam
https://www.youtube.com/watch?v=5NgPHm5v0kA
http://www.rotimaryam.com/2014/10/asal-usul-roti-maryam-roti-canai-roti-prata.html


1 Response to "Roti Maryam? Apaan Tuh??"